Friday, May 20, 2011

REVIEW MY UTS

Huft!

UTS minggu pertama udah selsai. Ya, walopun baru 3 makul yg terlewati, rasanya, kaya udah plonk. Padahal, di depan mata, masih "tersisa" 5 kali ujian yg nggak kalah menantangnya dgn 3 ujian sebelumnya. Tp, semoga aja gue bisa njawab dgn bener, sesulit apapun soalnya. Itu harus. Percuma jg kalo soalnya gampang, tp njawabnya salah. Ya, kan?

UTS kali ini, dimulai hari Rabu kemarin. Awalnya sih, jadwalnya mulai hari Senin. Tp, mendadak ada jarkom, katanya Senin ada cuti bersama. So, jadwal ujian yg hari Senin, dipindah Jum'at.

Rabu, 18 Mei 2011.
Hari itu jam 11, UTS pertamax. Ujian Manajemen Keuangan. Dulu-dulu, para "sesepuh" -- yg pernah belajar Mankeu -- bilang kalo ManKeu itu susah lho. Banyak rumusnya, aneh-aneh lagi. Dan kenyataannya,,, memang agak sedikit susah. :-) . Materinya cuma dikit sih -- cuma 6 chapter. Nggak kaya spesialisasi lain yg nyampe 10 chapter. Beruntunglah gue masuk pajak.

Kayaknya, semua materi udah gue baca, gue pahami. At least, yg menurut kisi2 yg beredar telah berhasil dikuasai, sampe apal di luar kepala. Ada bagian yg sengaja gak gue baca, sama sekali. Gue pikir, mana mungkin bentuk soalnya kayak gini? Susah gitu kok. Lagian, kaya gak ada soal lain aja?

Itulah yg kupikir. Tp, justru "bencana" itu muncul karena kelalaian dan ketidakmauan akan hal-hal yg gak gue sukai. Seperti itulah yg terjadi.

Satu soal di bagian II (soal itungan), terakhir nomor 5 dgn bobot paling tinggi di antara nomor2 yg lain, bahkan bagian I pun (bagian I bobot totalnya cuma 20), yaitu 25 poin. Busyet dah.

Awalnya sih gak gitu merhatiin soalnya, kirain belum pernah diajarin ma dosen gue, jadi bisa dibilang bonus. Tapi, begitu semua soal yg lain telah gue kerjain, gue cermati tuh soal. 'Ini kan pernah diajarin!' batinku. Wah, mampus gue! Gue udah lupa gimana ngerjainnya. Mana malemnya sama sekali gak baca, ee, malah keluar. Poinnya paling gedhe lagi.! Adhuh!

Akhirnya, dgn sisa-sisa ingatan waktu diterangin dosen, gue kerjain tuh soal. 'Tapi kog aneh ya?? Ah, persetan! Yg penting gak kosong.' Eh, tp gak cuma gue aja yg gak bisa. Hampir 99% mahasiswa gak bisa. Aha, banyak temennya. Hehehe...

Kamis, 19 Mei.
Budaya Nusantara a.k.a Budnus. Bisa dibilang makul penghibur. Tp, yg gue alamin malah sebaliknya. Mencekam. Semua karna dosennya. Udah tua, nada ngomongnya naik turun (kalo udah turun, lama naiknya. Tp cepet kalo naik terus turun), sukanya mengkritik lagi. Ah, udahlah, gak perlu ngomongin lebih jauh soal dosennya.

Sempet bingung juga mau belajar apa, soalnya gak punya bahan sama sekali. Punya 1 buku sih, cuma males baca. Mana di kelas jarang merhatiin lagi..

Setelah ujian pertama, ketemu ma temen yg bawa soal-soal Budnus. Ngopy deh. Soal ujiannya gak jauh2 ma soal tahun lalu.

Gue sempet ngakak (tertahan) waktu baca salah satu soal ujian. Pilgan no 20. "Di dalam rumah adat Batak, terdapat relief berbentuk payudara wanita yg jumlahnya 4, artinya ... . Dan yg membuatku ngakak (tertahan), adalah opsi C. Dua untuk anak, dua untuk suami.

Sumpah deh, gue masih ngakak kalo inget.

Itu yg buat soal, kayakny kehabisan ide mau nulis apa sehingga muncul "kata-kata konyol" seperti itu.

Awalnya, gue mau pilih opsi itu, tp kok ganjil? Gak enak bener. Pilih yg lain aja deh!

Terus, ada lagi. Msh tentang Batak. Soal esai, "Apa arti dari pariban?" Ya mana gue tau! Gue kan taunya parikan (pantun kilat, artinya). Soal yg menyangkut masalah kebudayaan Betawi, "Apa makna bir pletok?". Boro2 tau maknanya. Orang temen gue yg dr betawi aja gak tau, apalagi gue?

Gila bener. Walopun soal esainya cuma 5, tp setiap soal punya "anak", masing2 3. Sama aja 15 kalo gitu. Dosennya pun "menuntut" agar tulisannya bagus biar bisa kebaca. Pegel nulis apik terus.

Jum'at, 20 Mei.
Jam 8. Gak seperti biasanya yg jam 11. Meskipun jam 8, tp udah panas. Biasa, Jakarta. Di kelas pun msh panas, coz slh satu sisi ruang kelas adlh kaca yg menghadap ke timur. Gue duduk di deket kaca. Untung kelasnya AC. Kalo gak? Sauna, men!

Ujiannya Lab. Pajak Penghasilan Pemotongan dan Pemungutan. Salah satu makanan sehari-hari anak pajak. Wajib, nggak boleh dapet D. Sebenarnya, (cuma) ngelanjutin materi semester 2, tp ada tambahan (sedikit), yaitu ngisi SPT (Surat Pemberitahuan).

Soal ujian cuma 2 halaman. Dikit kan? Soal tertipis yg pernah gue kerjakan setelah makul agama. (Agama cuma 1 halaman). Tapi, jangan ngelecehin dulu. Soalnya dikit, tapi jawabannya,,, segunung! Lima halaman folio, karna gue irit2, berisi angka jutaan rupiah. Gak ada angka yg sama lagi. Tangan gue kriting, mata gue kaya dicucuk2.

Awalnya, gue agak girang. Bisa ngerjain coz yg buat dosen gue. Lumayan! Saking seriusnya ngerjain, sampe lupa waktu.

125 menit berlalu, ketika pengawas bilang "Waktunya masih 25 menit lagi". APAAAAA????? Itungan blm selesai, SPT masih kosong mlompong. Alhasil, gue buru2 ngisi SPT -- yg tebelnya lebih dr 10 lembar. Cuma mindahin itungan sih, tp tetep bingung dikejar waktu.

10.20.
Aaaaaa.... Sontak, seisi kelas langsung menjerit. Geregeten. SPT 1721 A1, baru gue isi 1 dr 5. SPT induk belum keisi semua. Ah, bingung, mau nyelesaiin yg mana!

Waktu ujian habis. Mau tak mau, harus dikumpulin. Dengan senyum penuh ketidakpuasan, gue keluar ruangan. Menunaikan hajat yg terpendam. Pulang.

No comments:

Post a Comment