Thursday, April 21, 2011

ALQURAN YANG SEMPURNA

Tulisan ini saya ambil dari karya Bapak Arifin Mufti :

KITAB MULIA : BERPASANGAN, SIMETRIS SEMPURNA. (BAG. SATU)

Tidak ada satu kitabpun didunia disusun seperti ini, unik, diluar imaginasi manusia.


Pertama-tama jika kita bertanya berapa jumlah surat (surah) dalam Kitab Mulia Muslim - al Qur’an, maka jawabannya semua sepakat, yaitu 114 surat. Surat pertama adalah al Fatihah, al Baqaraah hingga surat terakhir, an Naas. Selesai tugas pertama.

Namun jika kita bertanya berapa jumlah ayat dalam al Qur’an, maka jawabannya beragam! Aneh bukan? Umumnya, atau mayoritas yang menjawab baik disekolah maupun di masjid, atau penulis non Muslim dan Muslim, menjawab 6666 ayat. Angka cantik mudah dihapal. Tambahan, kalau kita membaca buku agama di tingkat SD di Indonesia, semua buku menuliskan 6666 ayat. Tidak ada yang protes. Tetapi ada yang menjawab lain, misalnya 6242, dan ada lagi yang menjawab – walaupun hanya sejumlah orang, 6236 ayat.

Lalu pertanyaannya mana yang benar?

Sebenarnya cukup mudah untuk menyelesaikan hal ini. Karena topik umum adalah numerika dalam al Qur’an, maka ada kaitannya dengan bahasa angka, hitungan, atau matematika. Solusinya bagaimana?Solusinya: Jumlahkan tiap surat ayatnya, mulai dari al Fatihah 7 ayat, al Baqarah 286 ayat, Ali ‘Imran 200 ayat…….hingga surat terakhir yaitu 6 ayat. Jumlahnya pasti 6236 ayat. Tidak lebih, tidak kurang.

Ada yang berkomentar: “Wah, angka 6236 bukan angka cantik. Saya lebih suka 6666 ayat.” Ups..tunggu dulu, keajaibannya bukan disitu.

Mari sekarang kita lihat ayat 36 pada surat Ya Sin, perhatikan (Ya Sin, 36:36). Nomor suratnya 36, ayat 36 – sama, berpasangan. Apa bunyinya?:

“ Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan semuanya berpasangan…….”

Tuhan (Allah swt) telah menciptakan semuanya berpasangan, termasuk apa-apa yang kita tidak ketahui. Kalau begitu, jika al Qur’an memang datangnya dari Tuhan, tentunya juga disusun berpasangan? Apa benar? Jika firman Allah swt tadi benar, harusnya demikian.

Setelah studi bertahun-tahun, maka sejumlah ilmuwan Muslim baru mengetahui bahwa memang benar al Qur’an disusun berpasangan, yaitu 57 surat Homogen dan 57 surat Heterogen – sesuai pernyataan . Subhanallah!

Surat Homogen adalah surat dimana nomor suratnya genap, jumlah ayatnyapun genap, atau nomor suratnya ganjil – jumlah ayatnya ganjil. Contohnya: Al Fatihah, nomor surat ganjil (1), jumlah ayatnyapun ganjil (7). Al Baqarah, nomor suratnya genap (2), jumlah ayatnyapun genap (286).Sedangkan surat Heterogen sebaliknya, nomor surat genap-jumlah ayatnya ganjil, atau nomor surat ganjil-jumlah ayatnya genap. Contoh adalah surat Ali ‘Imran, nomor suratnya ganjil (3), tetapi jumlah ayatnya genap (200).Nah, ini kalau kita urut semua surat dari nomor 1 hingga surat 114, maka pasti akan mendapatkan 57 surat Homogen dan 57 Surat Heterogen, berpasangan.

Bagaimana jika ternyata al Qur’an kita, tidak menujukkan surat yang berpasangan? Maka jawabnya hanya ada dua kemungkinan: (1) Anda semua salah hitung, atau (2) Al Qur’an tersebut tidak asli (otentik), susunannya salah. Sebab semua al Qur’an DI DUNIA yang mengikuti standard mushaf Usmani pasti tersusun 57 surat Homogen dan 57 surat Heterogen – berpasangan, sesuai firman Allah swt.


Lalu yang 6666 ayat apakah al Qur'an palsu? Tidak. Al Qur'annya benar, tapi jumlah ayatnya tidak pernah dihitung.

Selamat mencoba dirumah ya…

Jika sudah, coba renungkan. Adakah Kitab didunia dalam bahasa apapun, atau cerita apapun, disusun seperti ini?

1 comment: