Saturday, June 11, 2011

GARIS LURUS vs GARIS LENGKUNG

Secara matematik, ada dua garis, yaitu garis lurus (linear) dan garis lengkung (parabola). Masih ingat, kan, bagaimana bentuk dari garis-garis tersebut? Kalau tidak, sepertinya kamu perlu dibawa ke panti jompo!

Dari dua buah titik, dapat dibuat sebuah garis lurus. Namun, apakah dua titik dapat dibuat garis lengkung? Jawabannya tentu bisa lah!

Berikut akan aku beri tahu sedikit rahasia mengenai garis lurus dan garis lengkung.

Namun, ada pertanyaan lagi. Masih ingat dengan himpunan? Bagus lah kalau masih ingat. Nah, sekarang, garis lurus merupakan himpunan bagian dari garis lengkung ataukah garis lengkung yang merupakan himpunan bagian dari garis lurus? Atau, antara garis lurus dan garis lengkung tidak mempunyai hubungan?

Tidak perlu lama-lama menjawabnya. Kalau jawabanmu salah, tenang saja, tidak akan remed pelajaran matematika kok.

Sudah dapat jawabannya?

Mengapa disebut garis lengkung?
1. Karena melengkung. Itu jawaban anak TK.
2. Karena tidak lurus. Anak SD pun tahu.
Aku belum menemukan jawaban yang lain daripada yang lain. Demikian juga aku, tak bisa mencari sebuah jawaban yang berbeda. Padahal, soalnya tidak sesusah ujian kalkulus atau pun aljabar.

Oke, sekarang lupakanlah pertanyaan "konyol" tersebut.

Percayakah kamu dengan adanya garis lurus? Pasti 99%--bukan termasuk aku--menjawab ada. Mengapa?

Sebelum menjawab, percayakan kalau bumi itu bulat? Dan benda yang berbentuk bulat pasti melengkung. Ya, kan? Tetapi, mengapa tanah yang kita injak dan tanah di sekitar kita--misalkan rumah atau gedung-- kelihatan lurus-lurus saja, tidak melengkung?

Harusnya kalau bumi itu bulat, tidak ada yang lurus? Tetapi, rasa-rasanya, bumi itu seperti bidang lurus yang tak berujung ya? Tidak melengkung. Mengapa bisa demikian?

Sebuah lingkaran, pasti memiliki titik tengah. Semakin besar lingkaran, garisnya akan terlihat semakin lurus. Tidak percaya? Silakan dicoba!

Nah, jadi sebenarnya, ketika sebuah garis dikatakan lurus, itu bukanlah lurus, melainkan sebuah lingkaran yang mempunyai jari-jari sangat besar. Mungkin tak terhingga. Dan, sebuah lingkaran terbentuk dari sebuah garis lengkung. Tahu, kan sekarang?

Maha Suci Allah yang telah menciptakan indahnya garis-garis di muka bumi ini. 'Allahu a'lam bish showab.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment