Wednesday, June 6, 2012

Waktu Gue Beli Tiket


Kejadian ini gue alamin hari Ahad kemarin.

Gue pergi ke stasiun Tanah Abang untuk membeli tiket kereta ekonomi  Kutojaya jurusan Kutoarjo-Jakarta. Namanya juga mahhasiswa, pasti carinya yang murah. Nggak kuat kalo harus beli tiket yang bisnis, apalagi eksekutif? Ngimpi! Hahaha...

Gue berangkat jam setengah tiga sore (masak pagi? Belum buka lah!). Naik KRL ekonomi dari stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan.  Lagi-lagi ekonomi,. Hahaha...  Ketika gue masuk KRL, lho, kog kursinya nggak seperti KRL seperti biasanya? Kursinya hadap2an kaya kereta ekonomi. Sesampainya di Tanah Abang, gue baru tahu kalo tuh KRL jalannya sampai Stasiun Pasar Senen. Apa emang KRL dari Pasar Senen kayak gitu yaa??? Baru tahuu...

Gue udah siap2 ngantri di depan loket setelah mengisi form pemesanan tiket. Wooh, ternyata lagi istirahat. Baru tahu juga kalo ternyata ada istirahatnya juga, secara gue nggak pernah beli tiket sore2.

Oya,waktu gue ngisi form itu, tiba2 ada mbak2 yang sok kenal gitu, terus nyuruh gue ngisiin form atas nama dia.

“mau turun di mana, mbak?” tanya gue
“cirebon.” Jawabnya
“naik kereta apa?”
“apa yaaa??” ketika dia jawab gitu, gue mulai ragu, “yang paling bagus apa?”
(gubrak) rasanya pengen menjotos tuh muka si mbak2nya itu. “aya mana saya tahu, kan saya nggak pernah ke cirebon.”
“kalao masnya naik apa?”
“kutojaya”.
“ya udah, saya ngikut aja”
“beneran”? tanya gue
“berangkat jam berapa?”
“jam 7 kurang sperempat pagi?”
“hah?? Terus dari rumah jam berapa ya? Jam setengah enem kali yaa??”
“lha, emang rumahnya dimana?”
“pamulang, kalo masnya?”
“bintaro. Eh, tapi ini ekonomi lho??”
“ekonomi yaa? Kalo yang paling bagu apa ya?”
“eksekutif lah” jawab gue agak ogah2an
“itu jam berapa yaa??”
“ya mana saya tahu??” (emang gue masinis?)
“ya udah, tulisin dulu mas!”
“lha mau naik apa ini??”
“mas tulisin dulu, buat contoh”
ngek!

Jam empat kurang, gue masih ngantri, tapi kog nggak buka2 sih? Gue tanya ke orang di samping gue, katanya buka jam 4. Ya udah, tunggu sebentar.

Udah jam 4 lebih tapi belum buka. Terus gue tanya ke orang lain lagi, katanya buka jam setengah lima. Walah,, sholat dulu aja ah!

Pas gue mau sholat, ada mbak yang lain. Kali ini bukan nyuruh untuk nulisin form pemesanan, tapi nitip untuk di-antri-in. Ya udah deh, sekali-kali membantu orang lain. Hehehe..awalnya gue berpikirm jangan2 dia mau nipu gue. Cepet2 gue buang tuh pikiran. Jangan sampai berburuk sangka, namun, tetap hati-hati. Yah, kalo tuh ditipu, Cuma 28.000 doang juga.

Sehabis sholat, gue menemui mbak2 yang mau barusan nyuruh untuk diantriin. Dia nyerahin form pemesanan ke gue. Gue masuk  antrian. Membuka form si mbak2nya. Wah, ada tiga orang nama yang tercantum. Gue Cuma bawa uang seratus, mana cukup buat beli 4 tiket? Gue menemui mbak2 itu lagi untuk minta uangnya.
“mbak, uangnya? Saya nggak bawa uang banyak” dia nyerahin 2 lembar uang 50 ribuan. Gue masuk ke antrian lagi.

Tibalah giliran gue untuk membeli tiket. Gue nyerahin dulu form mbak2 tadi. Mabk2 itu ada di samping gue, tapi di luar antrian. Lancar, kemudian si mbak2 itu bilang ‘makasih’. Oke.

Pas gue nyerahin form gue sendiri,

“kog nggak sekalian sama yang tadi?” tanya petugas yang menjaga loket dengan suara aagk marah, “kamu ini gimana sih?”
 “beda orang, mbak.” jawab gue enteng.
“harusnya biar dia ngantri sendiri dong, jangan terlalu baik” tangkasnya dengan tak kalah judes seperti suara sebelumnya
“mbaknya judes”, ada bisikan dari orang di belakang gue.

Gue Cuma diem aja, tak menjawab sepatah kata pun, nggak mau menambah amarah mbak2 si petugas. Kasian ka, kerjanya Cuma di belakang situ, menghadapi orang2 yang pengen beli tiket. Mungkin, dia sudah banyak dibuat marah oleh orang2 yang mau pesen tiket  sehingga melampiaskan kemarahannya ke gue.  Yah, gapapa sih, nggak ada ruginya juga di gue. Untung si mbak2 yang minta gue buat membeli tiket tadi nggak denger. Kalo dia tahu, pasti akan emrasa bersalah ma gue. #ge-er

1 comment:

  1. Salut deh sama agan ^_^ , Insyaallah , Semoga amal baik agan dicatet ama malaikat,,,

    ReplyDelete